You Are Here: Home » Berita » Artikel Kesehatan » Jenis-jenis Radang Sendi (bagian kedua)

Jenis-jenis Radang Sendi (bagian kedua)

Jenis-jenis Radang Sendi*

Bagian kedua

Prieharti**

 

Radang sendi atau artritis merupakan penyebab paling umum kecacatan (disabilitas) di belahan dunia Barat. Meskipun tidak mematikan, penyakit ini cukup menjengkelkan. Jangankan untuk bekerja, beberapa penderita artritis dapat mengalami kesulitan melakukan aktivitas harian seperti naik-turun tangga, naik-turun tempat tidur, memakai sepatu, mengenakan baju, dan berjalan.

gout

Gambar Kaki Gout

Artritis dapat terjadi pada sendi  mana saja dan dapat terjadi pada lebih dari satu sendi. Secara keseluruhan terdapat sekitar 200  jenis artritis. Jenis yang paling umum dijumpai adalah; gout/asam urat, rematik artritis, spondilitis ankilosa, lupus, dan osteoartritis.

Gout/Penyakit Asam Urat

Gout atau penyakit asam urat diakibatkan gangguan metabolisme asam urat dalam tubuh. Hal ini menghasilkan kristal asam urat dan akan menumpuk pada sendi terutama pada bagian bawah jempol kaki, pergelangan kaki dan tangan, lutut, tangan dan siku.  Akibatnya sendi menjadi bengkak, kemerahan, terasa nyeri, dan sulit digerakkan. Selain itu, penderita gout biasanya akan mengalami demam, menggigil dan merasa lemas.

Pemicu gout diantaranya akibat stres, kelelahan, menderita penyakit tertentu yang berpotensi gout, mengalami cedera yang melibatkan sendi, dan konsumsi alkoholberlebihan.

Peran konsumsi makanan tinggi purin sebagai penyebab gout masih menjadi bahan perdebatan. Meskipun demikian, pengetahuan tentang jenis makanan tersebut tetap diperlukan untuk menghindari memburuknya gout. Gout yang tidak ditangani dengan tepat dapat menimbulkan kelumpuhan, hipertensi dan kerusakan ginjal.

Makanan berkategori tinggi purin diantaranya, jeroan, daging bebek, ikan sarden, kerang dan otak. Makanan jenis ini sebaiknya dihindari seseorang yang sudah terkena gout. Sedangkan makanan dengan kategori purin sedang (boleh dikonsumsi asalkan tidak berlebihan) yaitu, daging sapi, ayam,udang, daun singkong, bayam, daun dan biji melinjo serta kangkung.

Pengobatan gout dalam jangka pendek bertujuan untuk mengurangi nyeri dan menghilangkan bengkak. Pengobatan jangka panjang dilakukan agar kadar asam urat dalam darah turun.

Selain pengobatan dan diet rendah makanan berpurin, penderita gout sebaiknya melakukan diet rendah lemak. Lemak dapat menghambat pengeluaran asam urat melalui urin. Diet rendah lemak dilakukan dengan cara menghindari makanan yang digoreng, bersantan dan mengandung mentega baik mentega hewani maupun nabati.

REMATIK ARTRITIS

Rematik artritis merupakan rematik yang disebabkan karena gangguan sistem kekebalan tubuh yang mempengaruhi sendi dan jaringan lain. Selain mengalami nyeri dan pembengkakan pada sendi, penderita artritis jenis ini juga akan mengalami gejala seperti kelelahan, anemia, demam ringan, kurang nafsu makan, dan perasaan tidak enak badan.

Rematik jenis ini tidak diakibatkan kebiasaan mandi di malam hari, cuaca dingin atau ruangan ber-AC. Penyakit ini juga tidak diturunkan, meskipun memang diakui timbulnya benjolan pada jari-jari dapat dipengaruhi oleh gen tertentu.

Rematik artritis termasuk berbahaya karena selain menyerang lebih dari satu persendian, artritis jenis ini dapat menyerang beberapa organ tubuh lain seperti jantung, paru-paru dan kulit. Artritis ini juga dapat menyebabkan perubahan bentuk tangan yaitu jari bengkok menjauhi ibu jari.

Walaupun rematik artritis belum bisa disembuhkan sebagaimana penyakit diabetes, dunia kedokteran telah menemukan obat-obatan untuk mencegah memburuknya penyakit ini. Obat dibagi menjadi dua kategori yaitu untuk menghilangkan nyeri dan untuk mengendalikan penyakit.

Kunci lain untuk mengatasi rematik artritis adalah olahraga. Olahraga seperti yoga, t’ai chi dan pilates membantu mengendurkan sendi yang terkena artritis dan meningkatkan fleksibilitas. Khusus penderita rematik artritis, olahraga sebaiknya dilakukan ketika tidak sedang capek.

###

 

*telah dimuat di Banyumas Pos

**berkarya di Akbid YLPP Purwokerto

REFERENSI

  1. Jawaban-jawaban alternatif untuk artritis dan reumatik/Anne Charlish. Klaten: Citra Aji Parama, 2009.
  2. 50 Hal yang bisa Anda lakukan hari ini untuk mengatasi artritis/Wendy Green. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010.
  3. Rematik artritis yang menjengkelkan/Prieharti. Banyumas Pos Edisi 604 tahun 2013.
  4. Penyakit asam urat (gout)/Prieharti. Banyumas Pos Edisi 605 tahun 2013
  5. Sumber gambar kaki gout: http://greenworldindonesia.inf

Leave a Comment

Copyright © 2013. AKBID YLPP Purwokerto. All rights reserved. Develop by WordPress Services

Scroll to top