You Are Here: Home » Layanan Kemahasiswaan

Layanan Kemahasiswaan

1. Bimbingan Karir

Akademi Kebidanan YLPP Purwokerto menyelenggarakan Bimbingan karir kepada mahasiswa dalam bentuk bimbingan dan konseling dengan pembimbing Akademik dan pelaksanaan pelatihan Service excellent. Bimbingan olah PA dilaksanakan minimal 4 kali dalam 1 semester.

2. Beasiswa

Program beasiswa Akademi kebidanan YLPP Purwokerto terdiri dari 2 sumber Beasiswa yaitu dari institusi Akademi Kebidanan YLPP Purwokerto dan dari Pemerintah melalui Dirjen Perguruan tinggi. Beasiswa Institusi adalah beasiswa prestasi yang diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi bagus baik dalam prestasi akademik, keaktifan berorganisasi dan proses belajar mengajar serta mempunyai sikap dan prilaku yang baik. Beasiswa diberikan untuk 3 mahasiswa terbaik.

Sedangkan beasiswa dari pemerintah melalui Dirjen Dikti adalah Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan PPA (BPP PPA).

Persyaratan Beasiswa PPA dan BPP PPA sebagai berikut:

  • Minimal Mahasiswa Yang Mendaftar semester IV dan Tidak sedang cuti kuliah Dibuktikan Dengan Fotocopy Kartu Mahasiswa Dan Kartu Rencana Studi masing-masing 1 lembar.
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Untuk Beasiswa PPA Minimal 3,00 Dan IPK Untuk Beasiswa BBM Minimal 2,75 dibuktikan dengan fotocopy transkrip nilai (kartu Hasil Studi) yang disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi 1 lembar.
  • Tidak Berstatus Sebagai Pegawai, Baik Pegawai Negeri Maupun Swasta.
  • Tidak sedang menerima bantuan pendidikan dab beasiswa lain dari sumber APBN/APBD
  • Fotocopy Kartu Keluarga 1 Lembar
  • Mengisi Formulir Permohonan Beasiswa PPA Dan BBM Yang Dapat Diambil Di bagian kemahasiswaan (Ibu SUMARNI, M.Keb)
  • Wajib Membuat Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Yang Dibuktikan Dengan Surat Pernyataan. (Surat Pernyataan Dapat Diambil Di Ibu SUMARNI, M.Keb)
  • Fotocopy buku tabungan/rekening yang masih aktif dan dilegalisir oleh bank atas nama mahasiswa pribadi.
  • Pas Foto 3×4 terbaru sebanyak 1 lembar berwarna dan materai 6000 1 lembar.
  • Keterangan penghasilan/ slip gaji atau surat keterangan penghasilan dari desa.
  • Secara ekonomi kondisi orang tua/wali kurang mampu (bagi beasiswa BPP PPA) dg kriteria;
    1. Pemegang kartu pengaman sosial atau sejenisnya (Surat Keterangan Dari Lurah Atau Kepala Desa Setempat Yang Menyatakan Bahwa Secara Ekonomi Kondisi Orang Tua/Wali Mahasiswa Tidak/Kurang Mampu)
    2. Pendapatan kotor gabungan (ayah dan ibu atau suami dan istri) SEBESAR-BESARNYA Rp. 3.000.000,- perbulan atau pendapatan gabungan orang tua dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya 750.000,- perbulan. Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan non formal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata-rata penghasilan perbulan dalam satu tahun terakhir.

( Surat Keterangan Penghasilan : a. Bagi Orang Tua/Wali Yang Pekerjaanya Sebagai Pegawai/Karyawan Tetap, Surat Keterangan/Rincian Gaji Dari Pimpinan/Bendahara Gaji (Asli). b. Bagi Orang Tua/Wali Yang Pekerjaannya Wiraswasta/Usaha Sendiri, Tani, Dll. Surat Keterangan Penghasilan Yang Dibuat Disahkan Oleh Lurah/Kepala Desa Setempat (Asli).

URUTAN PRIORITAS DAFTAR USULAN PENERIMA BEASISWA PPA;

  1. IPK paling tinggi
  2. Mahasiswa aktif kegiatan baik kurikuler maupun ekstrakurikuler
  3. Keadaan ekonomi paling rendah atau kurang mampu

URUTAN PRIORITAS DAFTAR USULAN BBP-PPA/BBM

  1. Memiliki kondisi ekonomi paling kurang mampu
  2. IPK tinggi
  3. Aktif dan memiliki prestasi di kegiatan kurikuler maupun ekstrakurikuler

3. Asuransi

Mahasiswa Akademi Kebidanan YLPP Purwokerto telah diikutkan dalam program asuransi mahasiswa khususnya asuransi kecelakaan.  Asuransi ini merupakan perlindungan bagi Mahasiswa terhadap risiko kecelakaan selama menjadi mahasiswa Akademi Kebidanan YLPP Purwokerto. Untuk pelaksanaan klaim silahkan menghubungi bidang kemahasiswaan.

Copyright © 2013. AKBID YLPP Purwokerto. All rights reserved. Develop by WordPress Services

Scroll to top