You Are Here: Home » Sejarah AKBID YLPP Purwokerto

Sejarah AKBID YLPP Purwokerto

Pendidikan kebidanan di Akademi Kebidanan YLPP diselenggarakan sejak tahun akademik 2002/2003 setelah turun ijin dari Menteri Pendidikan Nasional dengan Surat Keputusan Menteri

Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 122/D/O/2002 tanggal 8 Juli 2002 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program Studi dan Pendirian Akademi Kebidanan YLPP Purwokerto. Akademi Kebidanan YLPP Purwokerto dinyatakan berdiri secara resmi pada tanggal 28 September 2002. Pada tanggal 30 April 2008 turun Surat Keputusan Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan Program Studi Kebidanan pada Akademi Kebidanan YLPP dengan nomor 1374/D/T/2008.

Seiring berjalannya waktu untuk menghasilkan tenaga kesehatan dalam hal ini bidan bermutu yang mampu mengemban tugas dalam pembangunan kesehatan dan memenuhi standar kelayakan pendidikan kesehatan, maka Akademi Kebidanan YLPP Purwokerto telah melakukan proses akreditasi atau penilaian terhadap penyelenggaraan pendidikan oleh tim dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Dari hasil akreditasi tersebut, Akbid YLPP memperoleh sertifikat terakreditasi dengan Surat Keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Badan PPSDM Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia No. HK.00.03.2.2.0044 tanggal 20 Februari 2007 tentang Penetapan Strata Akreditasi Akademi Kebidanan YLPP Purwokerto Propinsi Jawa Tengah dengan jenjang yang ditetapkan strata B dengan nilai 80,57.

Akbid YLPP Purwokerto pada bulan Oktober 2012 masuk ke dalam 24 Perguruan Tinggi se Indonesia yang dinilai telah mengimplementasikan SPMI dengan baik berdasarkan Surat Kepmendiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 0301/024/2011 perihal Pengumuman Hasil Evaluasi Diri Implementasi SPMI Perguruan Tinggi Tahun 2010.

Pada tanggal 26 s.d. 27 Juni 2011 Akademi Kebidanan YLPP Purwokerto telah divisitasi oleh Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi sampai akhirnya turun Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 011/BAN-PT/Ak-XI/Dpl-III/VIII/2011 tanggal 18 Agustus 2011 tentang Status, Nilai, Peringkat dan Masa Berlaku Hasil Akreditasi Program Diploma di Perguruan Tinggi. Akreditasi BAN PT berakhir pada tanggal 18 Agustus 2016, sehingga sebelum batas waktu berakhir, Akademi Kebidanan YLPP Purwokerto mengajukan akreditasi BAN PT untuk program studi. Akreditasi program studi untuk institusi kesehatan dilaksanakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes). Setelah melalui proses visitasi, akhirnya diterima SK LAM-PTKes Nomor 0725/LAM-PTKes/Akr/Dip/VII/2016 Tanggal 31 Juli 2016 yang menetapkan bahwa Status Akbid YLPP Purwokerto adalah TERAKREDITASI dengan nilai B (BAIK).

Program studi kebidanan yang diselenggarakan oleh Akademi Kebidanan YLPP Purwokerto dirancang secara khusus untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan para mahasiswa dalam keinginannya untuk berprestasi lebih baik dalam hidupnya baik untuk pribadi, keluarga dan masyarakat, Negara serta sesama umat manusia. Yang lebih utama dari program studi kebidanan ini adalah menciptakan bidan-bidan yang mandiri, yang dapat menciptakan lapangan kerja sendiri di masyarakat.

Copyright © 2013. AKBID YLPP Purwokerto. All rights reserved. Develop by WordPress Services

Scroll to top