You Are Here: Home » Berita » SEMINAR NASIONAL 2017

SEMINAR NASIONAL 2017

SEMINAR NASIONAL 2017

Akademi Kebidanan YLPP Purwokerto telah¬†menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Optimalisasi Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Serta Kesehatan Kulit¬†pada Masa Kehamilan dan Menyusui”. Kanker leher rahim atau serviks adalah penyakit kanker yang terjadi pada daerah leher rahim. Yaitu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim. Letaknya antara rahim (uterus) dengan liang senggama wanita (vagina). Kanker ini 99,7% disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. Berawal terjadi pada leher rahim, apabila telah memasuki tahap lanjut, kanker ini bisa menyebar ke organ-organ lain di seluruh tubuh penderita.¬†Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, saat ini penyakit kanker serviks menempati peringkat teratas di antara berbagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada perempuan di dunia. Di Indonesia, setiap tahun terdeteksi lebih dari 15.000 kasus kanker serviks. Perempuan yang rawan mengidap kanker serviks adalah mereka yang berusia antara 35-50 tahun, terutama Anda yang telah aktif secara seksual sebelum usia 16 tahun. Hubungan seksual pada usia terlalu dini bisa meningkatkan risiko terserang kanker leher rahim sebesar 2 kali dibandingkan perempuan yang melakukan hubungan seksual setelah usia 20 tahun.

Oleh karena itu sebagai bentuk kepedulian dan dalam rangka memperingati DIES NATALIS yang ke-15, Akademi Kebidanan YLPP Purwokerto menyelenggarakan seminar ini agar semua khalayak mengetahui dan dapat mendeteksi dini dari bahaya kanker leher rahim.

Sebagai Pemateri pertama yaitu Ibu dr. Claudia Roberta yang memberikan materi mengenai Menjaga Kesehatan Kulit pada Masa Kehamilan dan Menyusui, dengan Moderator Ibu Evi Sri Suryani, SST, M.keb dan Notulen semua materi yaitu Ibu Misrina Retnowati, S.Si.T, M.Kes. Berdasarkan materi pertama diperoleh kesimpulan bahwa untuk merawat kulit dalam kondisi hamil dan menyusui yang harus diperhatikan adalah memperhatikan nutrisi, gaya hidup, perawatan kulit wajah dan tubuh serta lingkungan, hindari pemakaian produk yang tidak diperkenankan atau berisko pada saat hamil dan menyusui serta menghindari faktor resiko yang memperberat masalah kesehatan kulit pada saat hamil dan menyusui (sinar uv).

IMG-20170923-WA0037

Sedangkan sebagai Pemateri kedua yaitu Bapak Ns. Iwan Purnawan, M.Kep, Beliau adalah Dosen Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Materi yang telah diberikan yaitu tentang Manajemen Perawatan Pasien Kanker. Berdasarkan materi yang diberikan diperoleh kesimpulan bahwa Terapi Komplementer yaitu Akupuntur, Pijat, Mind & Body Intervention dan terapi musik merupakan terapi yang aman untuk mengatasi masalah nyeri yang dialami oleh pasien kanker. Sebagai moderator materi II yaitu Ibu Sumarni, S.Si.T, M.Keb.

Adapun Pembicara utama seminar ini adalah dr. Boy Abidin, Sp.OG(K), Beliau seorang Spesialis Fertilitas&Hormon Reproduksi, Kebidanan dan Penyakit Kandungan dan merupakan Host dari acara DR.OZ Indonesia yang tayang di sebuah stasiun televisi terkemuka Trans TV. Beliau memberikan materi mengenai Deteksi Dini Kesehatan Reproduksi dan Kanker Leher Rahim. Berdasarkan materi yang telah disampaikan dapat diperoleh kesimpulan bahwa kanker leher rahim adalah kanker yang banyak menyebabkan kematian pada wanita dan cara deteksi dini kanker leher rahim yaitu dengan deteksi sedini mungkin yaitu Pap Smear dan IVA, edukasi mengenai kanker leher rahim dan vaksinasi anti HPV. Sebagai Moderator materi utama yaitu Ibu Lina Dwi Puji Rahayu, S.Si.T, M.Kes.

IMG-20170923-WA0027 IMG-20170923-WA0030

Seminar  telah dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 23 September 2017 bertempat di Convention Hall COR Hotel Purwokerto, Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan sukses dan lancar. Pada setiap session tanya jawab diberikan bingkisan bagi semua penanya. Setelah kegiatan ditutup, Ibu Direktur Akbid YLPP Purwokerto memberikan kenang-kenangan kepada ketiga pembicara.

Semoga di tahun berikutnya dapat terlaksana kembali kegiatan Seminar Nasional dengan tema dan pembicara yang lebih menarik lagi.

IMG-20170923-WA0036

Download Materi Semnas Akbid YLPP 2017

Leave a Comment

Copyright © 2013. AKBID YLPP Purwokerto. All rights reserved. Develop by WordPress Services

Scroll to top